Tipe Kepribadian DISC Apakah yang Paling Cocok untuk Menjadi Pemimpin?

Sangat menggoda untuk membuat asumsi bahwa ada satu gaya kepribadian yang paling cocok untuk memimpin. Yang benar adalah bahwa pemimpin yang baik bisa berasal dari semua tipe kepribadian.

Orang-orang yang termasuk dalam keempat gaya kepribadian DISC utama semuanya memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang efektif dan baik meskipun gaya kepemimpinan bawaan mereka, secara alami akan sangat berbeda satu sama lain. Baik Anda mencari orang terbaik untuk dipromosikan ke posisi manajemen atau Anda sendiri berupaya menjadi pemimpin yang baik, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan mengidentifikasi bakat khusus dari masing-masing tipe kepribadian.

Mengapa kepribadian tipe D dapat menjadi pemimpin yang baik

Orang dengan kepribadian tipe D tidak hanya ingin bertanggung jawab, mereka harus bertanggung jawab. Mereka paling puas dan produktif ketika diberi peran kepemimpinan yang masuk akal mengingat kekuatan utama mereka adalah membuat keputusan cepat, mendelegasikan tugas, membuat rencana pelaksanaan, dan melihat gambaran besar. Mereka berpikiran keras, memiliki dorongan kuat, penuntut, dan tidak takut konfrontasi. Sebagai seorang pemimpin, seseorang dengan kepribadian tipe D adalah ambisius, kuat, memerintah, tak kenal takut, dan memiliki dorongan kuat. Mereka menginginkan hasil sekarang juga, sebagai hasil gaya kepemimpinan mereka yang kuat dan langsung.

Para pemimpin dengan kepribadian tipe D menuntut rasa hormat dari orang lain melalui gaya percaya diri dan wibawa mereka. Mereka menuntut orang lain seperti halnya mereka sendiri. Ketika mereka memberikan arahan, orang cenderung untuk menindaklanjuti tanpa perdebatan. Yang terbaik dari semuanya, eksekutif dan manajer dengan kepribadian tipe D gigih dalam menghadapi konflik dan tidak takut berurusan dengan masalah-masalah sulit secara langsung.

Mengapa kepribadian tipe I dapat menjadi pemimpin yang baik

Sementara para pemimpin tipe D menuntut rasa hormat dari orang lain melalui kepribadian mereka yang langsung dan menuntut, para pemimpin dengan kepribadian I adalah orang ekstrovert yang menyatukan orang-orang menggunakan pesona, karisma, dan antusiasme mereka. Mereka adalah tipe pemimpin yang disukai orang-orang karena kepribadian magnetis mereka. Para pemimpin tipe I mahir dalam berkomunikasi dan menikmati lingkungan yang interaktif, yang menjadikan mereka ahli dalam menciptakan tim yang kuat dan kohesif.

Para pemimpin tipe I memiliki energi tanpa batas, benar-benar menikmati kebersamaan dengan orang lain, dan mampu memotivasi dan menginspirasi orang-orang di sekitar mereka secara alami. Mereka menyenangkan, mudah diajak bicara, dan sering dapat meredakan konflik menggunakan selera humor mereka yang tajam. Mereka juga sangat persuasif, dan optimisme alami mereka membuat orang-orang di sekitar mereka percaya bahwa segala sesuatu mungkin terjadi.

Mengapa kepribadian tipe S dapat menjadi pemimpin yang baik

Pemimpin tipe S cenderung kolaboratif, perhatian, dan komunikatif. Mereka menempatkan nilai besar pada kekompakan keseluruhan kelompok dan memprioritaskan menciptakan lingkungan yang saling menghormati, positif, dan saling menguntungkan. Para pemimpin tipe S sangat memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan orang lain. Mereka adalah pendengar yang baik yang termasuk ide-ide orang lain dan sangat baik dalam mediasi konflik dalam lingkungan yang penuh tekanan.

Pemimpin tipe S tenang, sabar, dan santai. Mereka cenderung membuat semua orang merasa nyaman dan dipandang oleh orang lain sebagai orang yang dapat diandalkan dan mendukung. Jika lingkungan yang kooperatif dan harmonis adalah apa yang ingin Anda ciptakan, tidak ada pemimpin yang lebih baik daripada kepribadian S.

Mengapa kepribadian tipe C membuat pemimpin yang baik

Pemimpin dengan kepribadian tipe C bersifat metodis dan terorganisir. Mereka menggunakan kekuatan alami mereka dalam analisis dan perencanaan untuk melihat masalah dari semua pihak dan menaruh banyak pemikiran dalam menghitung setiap tindakan. Sebagai seorang perfeksionis, mereka menilai semua orang yang bekerja untuk mereka dengan standar keunggulan yang tinggi.

Pemimpin dengan kepribadian C sangat baik dalam membuat jadwal dan tetap konsisten dalam hal akurasi. Dengan menjadi contoh dari pemecah masalah yang bijaksana dan penuh perhitungan, mereka menginspirasi orang-orang di sekitar mereka untuk memikirkan keputusan dengan cermat dan  memeriksa masalah dari semua sudut pandang yang memungkinkan.

Perlu di garis bawahi:

Ketika Anda melakukan brainstorming daftar kualitas seorang pemimpin yang paling dicari, apa yang akan Anda masukkan? Fleksibilitas? Komunikasi? Organisasi? Penglihatan? Wewenang?

Untuk menemukan pemimpin yang terbaik untuk organisasi Anda (atau menjadi pemimpin terbaik), sebaiknya pikirkan apa yang dibutuhkan organisasi Anda. Apakah kantor Anda memiliki lingkungan yang kacau? Memberikan posisi kepemimpinan atau mengadopsi ciri-ciri kepemimpinan tipe C yang terkendali atau tipe S yang stabil dapat membantu memuluskan berbagai hal. Butuh seseorang untuk memimpin perusahaan melalui perubahan besar? Kepribadian tipe D atau I akan menjadi pilihan cerdas.

Jika Anda ingin mendiskusikan kebutuhan training DISC di perusahaan Anda, BSC dapat membantu Anda. Hubungi kami melalui form dibawah dan jelaskan kebutuhan Anda saat ini. Kami siap membantu.

Contact BSC

Interested?

Get in touch with us today and find out how we can help you make significant improvement.

Subscribe to newsletter