4 Faktor yang Membedakan HR di Perusahaan Kecil dan Perusahaan Besar
Sebagian besar perusahaan menilai karyawannya berdasarkan kinerja mereka. Karyawan yang bahagia dan puas akan lebih produktif yang akan membantu meningkatkan kualitas kerja mereka secara keseluruhan.
Namun, hampir 85% pekerja di Amerika meninggalkan pekerjaan mereka saat ini untuk mendapatkan tunjangan yang lebih baik dan lingkungan kerja yang fleksibel. Merekrut dan mempertahankan bakat yang tepat tidak mudah bagi sebagian perusahaan. Inilah sebabnya mengapa HR merupakan faktor penting dalam menjalankan bisnis yang sukses.
Meskipun sebagian besar departemen HR berfokus pada kesejahteraan karyawan sebagai prioritas mereka tetapi pendekatan yang mereka ambil bisa berbeda sesuai dengan ukuran perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan kecil dapat melihat HR dan perannya dari perspektif yang berbeda dibandingkan dengan perusahaan besar. Penting bagi perusahaan untuk memahami perbedaan HR di perusahaan kecil dan perusahaan besar.
Berikut adalah 4 faktor yang membedakan peran yang dimainkan oleh HR di perusahaan kecil dan perusahaan besar.
1. Ketersediaan Sumber Daya
Salah satu perbedaan yang paling umum adalah ketersediaan sumber daya. Secara alami, perusahaan kecil cenderung memiliki sumber daya yang terbatas, termasuk tim HR yang kecil (biasanya hanya 1 hingga 3 karyawan) dan anggaran yang terbatas karena pendapatan mereka rendah.
Akibatnya, departemen HR tidak mampu melakukan banyak hal mengenai pelatihan karyawan, pengembangan tim, dan pengembangan kebijakan kerja dalam jangka panjang. Ini berarti HR di perusahaan kecil harus menjadi lebih kreatif ketika memenuhi tanggung jawab mereka. Namun, unsur kreatifitas ini tidak ada di perusahaan besar.
Sebagai contoh, apabila Anda seorang HR di perusahaan kecil, maka Anda akan mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan pihak ketiga yang berpengalaman untuk melihat apakah kebijakan perusahaan Anda sesuai dengan tujuan perusahaan Anda. Atau, Anda dapat menyewa program pembelajaran dari pihak ketiga untuk meningkatkan moral karyawan Anda atau membantu mereka mengembangkan keterampilan mereka.
Disisi lain, HR di perusahaan besar seringkali memiliki kepemimpinan dan bimbingan internal. Ini memungkinkan mereka untuk menjalankan satu program secara bersamaan. Namun, karena ukuran perusahaan yang besar dan sistem seperti birokrasi yang dimiliki, menerapkan perubahan pada program SDM dapat menjadikannya proses yang lambat dan kompleks karena alasan kehati-hatian. Terkadang butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk melihat perubahaan besar yang terjadi.
2. Proses rekrutmen dan retensi
Perekrutan dan retensi mungkin adalah aspek yang paling memakan waktu dari departemen HR, tetapi prosesnya berbeda secara signifikan antara perusahaan kecil dan perusahaan besar.
Biasanya, HR harus mencari dan memposting iklan secara manual di media sosial dan linkedIn untuk menemukan kandidat yang cocok. Namun, baru-baru ini, perusahaan kecil dan menengah telah beralih ke solusi yang lebih terjangkau, seperti proses penilaian pra-pekerjaan untuk mengotomatisasi proses rekrutmen. Platform ini menggunakan sistem berbasis cloud dan analitik data untuk mengevaluasi kandidat. Calon karyawan dapat dinilai berdasarkan kecerdasaan, kepribadian dan logika.
Di perusahaan besar proses rekrutmennya lebih kompleks, seperti beberapa kali tahap wawancara, tes penilaian, latar belakang, dan referensi. Ini sebabnya sebagian perusahaan besar melakukan outsourcing dalam merekrut karyawan.
Namun pada saat retensi, perusahaan kecil lebih menguntungkan karena departemen HR mengenal karyawan secara pribadi, berbeda dengan organisasi besar yang sebagian karyawannya tidak memiliki akses langsung kepada pembuat keputusan. Tergantung kepada jenis perusahaanya, banyak perusahaan yang menawarkan jadwal kerja yang lebih fleksibel dan memberikan manfaat yang disesuaikan, sehingga menghasilkan kepuasan karyawan yang lebih tinggi. Namun, pada organisasi besar, pendekatan ini sering kali terbatas pada karyawan yang memiliki jabatan tinggi.
3. Tanggungjawab
Di perusahaan kecil, HR memiliki tanggung jawab yang lebih banyak dan tidak spesifik. Seorang HR bisa mengerjakan semua hal, seperti merekrut karyawan, membuat anggaran, membuat aturan kerja, dan mengelola penggajian.
Di perusahaan besar, tanggung jawab HR lebih spesifik. Contohnya, tanggung jawab seorang HR hanya sebatas mengelola penggajian atau melatih karyawan saja.
4. Struktur Organisasi
Perusahaan besar memiliki struktur organisasi yang lebih mapan dan formal, termasuk departemen HR. Dengan kata lain, HR hanya bagian kecil dari perusahaan.
Meskipun ini mungkin bermanfaat dengan mengurangi beban kerja dan kebutuhan untuk melakukan banyak tugas, struktur organisasi ini dapat menyulitkan untuk menghubungkan hasil-hasil HR ke garis bawah perusahaan
Perusahaan kecil biasanya tidak memiliki struktur organisasi yang mapan, sehingga setiap orang dapat menangani pekerjaan apa saja yang diminta. Beberapa orang mungkin menganggap gaya kerja ini menantang, sementara yang lain mungkin menyukainya.
Namun, karena bisa memiliki akses kepada pembuat keputusan, HR dapat menunjukan dengan tepat berapa uang yang dapat dihemat dan produktivitas ditingkatkan untuk setiap keputusan. Akibatnya, Anda cenderung mendapatkan kesempatan untuk belajar perencanaan HR jangka panjang.
Pada intinya, aspek terpenting HR berbeda secara signifikan dari perusahaan kecil hingga besar, yaitu perusahaan kecil memiliki sumber daya yang terbatas, lebih banyak tanggung jawab, dan metode perekrutan yang belum sempurna, mereka menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan lingkungan kerja yang beragam. Perusahaan besar, cenderung menawarkan beban kerja yang ditargetkan, lebih sedikit ruang untuk kreativitas, dan lingkungan kerja yang lebih terstruktur.
forwardHR merupakan software terintegrasi yang dirancang khusus oleh BSC secara fleksibel untuk memenuhi kebutuhan HR di setiap perusahaan.
Jika Anda ingin mendiskusikan kebutuhan software HRIS di perusahaan Anda, BSC dapat membantu Anda. Hubungi kami melalui form dibawah dan jelaskan kebutuhan Anda saat ini. Kami siap membantu.
Interested?
Get in touch with us today and find out how we can help you make significant improvement.